7+ Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu (Replika)

Tahukah Anda tentang Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu (Replika)? Samsung termasuk dalam salah satu merk HP yang sangat bergengsi di dunia yang telah terbukti dan teruji kualitasnya.

Oleh karena itu, peminat dan konsumen Samsung sangat banyak sekali dan tersebar di berbagai penjuru dunia.

Larisnya HP Samsung di pasaran terkadang mendorong sejumlah produsen untuk berbuat curang dan nakal.

Tak sedikit produsen yang mencoba-coba untuk membuat Samsung palsu, atau sering disebut dengan Samsung Replika dan Samsung Supercopy.

Apabila produsen mengakui bahwa produk yang mereka buat adalah palsu, hal tersebut bukanlah masalah yang berarti.

Hal ini menjadi masalah ketika konsumen tertipu saat membeli ponsel Samsung yang ternyata palsu, padahal konsumen tersebut berniat untuk membeli yang asli. Tentu ada rasa kecewa dan kerugian materi yang telah dikeluarkan.

Beredarnya Samsung yang palsu cukup meresahkan bagi pengguna gadget original karena beberapa HP palsu tersebar luas di gerai-gerai ponsel maupun toko-toko online.

Tampilan Samsung palsu pun tidak jauh berbeda dengan yang asli. Namun, jangan khawatir, berikut adalah ulasan mengenai ciri-ciri yang membedakan HP Samsung Asli dan Palsu, yaitu:

Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu

Sebelum membeli HP Samsung alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal tentang keasliaannya jangan sampai salah membeli.

Untuk mengetahui lebih lengkap keaslianya berikut adalah Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu (Replika) dengan mudah :

1. Cek Nomor IMEI

HP Samsung asli memiliki nomor IMEI, yang mana nomor IMEI yang terdaftar pada HP dan tertulis pada box/kardus harus sama.

Untuk mengetahui nomor IMEI yang tertulis di box/kardus, cari tanda barcode garis pada box/kardus, di bawahnya terdapat nomor IMEI yang biasanya diawali dengan angka 35.

Sementara itu, untuk mengetahui nomor IMEI yang terdaftar di HP, bisa dengan cara lakukan panggilan ke *#06# lalu klik OK/Call, setelah itu akan muncul informasi mengenai nomor IMEI pada HP Samsung tersebut.

Namun demikian, cara ini hanya berlaku untuk pembelian HP baru. keaslian HP Samsung yang dibeli bekas dan tidak ada box/kardusnya tidak dapat dideteksi dengan cara ini.

2. Letak Tombol Home

HP Samsung asli memiliki tombol home yang berada di tengah-tengah antara layar dengan batas akhir HP.

Sementara itu, untuk HP Samsung yang palsu, letak tombol home terlihat tidak simetris, yaitu terletak sedikit ke atas maupun sedikit ke bawah dari titik tengahnya.

Cara pendeteksi ini dapat dilakukan untuk HP Samsung yang dibeli baru maupun yang dibeli bekas.

3. Lakukan Tes Hardware HP Samsung

Lakukan panggilan ke *#0*# lalu klik OK/Call (biasanya tanpa klik OK/Call sudah langsung terhubung).

Setelah itu, akan keluar menu lengkap yang biasa digunakan untuk mengecek setiap hardware pada HP Samsung.

HP Samsung yang asli, ketika melakukan panggilan tersebut, akan muncul menu-menu yang digunakan untuk mengecek hardware HP.

Menu-menu tersebut di antaranya untuk mengecek layar hp, receiver atau penerima panggilan, tingkat kecerahan layar, fungsi kamera depan dan belakang, sensor, sleep dan speaker, dan fungsi tombol.

Oleh karena itu, Anda perlu khawatir ketika menu-menu tersebut tidak muncul, bisa jadi HP tersebut adalah Samsung palsu.

4. Kualitas Hardware

Produk-produk Samsung Galaxy yang asli memiliki kualitas hardware kamera, layar, speaker yang sangat bagus dibandingkan dengan HP yang palsu.

Cobalah mengambil gambar menggunakan HP tersebut, apabila gambar yang dihasilkan buram dan tidak tajam, bisa jadi HP tersebut adalah palsu.

Lalu, ketajaman layar HP Samsung asli sangatlah bagus jika dibandingkan dengan HP Samsung palsu yang layarnya tidak tajam serta lebih buram.

5. Aplikasi Bawaan Samsung

Aplikasi bawaan Samsung adalah aplikasi yang hanya terdapat pada ponsel-ponsel resmi keluaran dari Samsung.

Beberapa aplikasi tersebut adalah S Voice, S Health, S Translator, S Planner, S Lime, Samsung Music, Samsung Apps, dan lain sebagainya.

Anda perlu curiga apabila tidak terdapat aplikasi-aplikasi bawaan seperti yang sudah disebutkan di atas.

6. Harga Penjualan

Harga HP Samsung yang sangat murah perlu anda curigai, jangan tergiur dengan harga yang sangat murah karena bisa saja HP tersebut palsu.

Walau demikian, terkadang HP palsu juga dijual dengan harga yang normal, oleh karena itu perlu dilakukan pengecekan secara fisik untuk menghindari penipuan.

Dianjurkan juga tidak membeli HP secara online (kecuali melalui Official Store Samsung Indonesia), karena tidak bisa mengecek kondisi fisik HP secara langsung.

7. Cek Kondisi Fisik HP Samsung

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk mengecek apakah HP Samsung tersebut asli atau palsu, adalah dengan mengecek kondisi fisiknya.

  • Baterai HP Samsung yang asli memiliki tulisan “Segel SEIN”.
  • Tombol-tombol pada HP memiliki kualitas yang baik dan terasa nyaman/empuk saat dipegang.
  • Box/kardus HP Samsung yang asli selalu dilapisi oleh wrapping plastic berlogo Samsung original. Umumnya, HP Samsung palsu hanya dilapisi oleh plastik bening biasa tanpa ada logo Samsung. Pastikan juga box/karus masih tersegel dengan rapi.
  • Segel yang terdapat pada box, bodi dan baterai HP adalah elemen yang penting untuk membedakan HP Samsung asli dan palsu. HP yang asli memiliki segel bertuliskan SEIN yang menandakan bahwa terjamin garansinya oleh Samsung Electronic Indonesia.

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai Cara Membedakan HP Samsung Asli dan Palsu (Replika). Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda yang sedang mencari handphone Samsung.

Tinggalkan komentar